• Home
  • Profil
    • Sejarah Singkat
    • Sarana Prasarana
    • Visi Misi Tujuan
    • Struktur Organisasi
    • dll
  • BLOG
    • Artikel
    • Selayang Pandang
  • Guru
    • Silabus
    • Materi Ajar
    • Latihan Soal
    • Kalender Pendidikan
  • Siswa
    • Prestasi Siswa
    • Ekstrakulikuler
    • Beasiswa
    • Karya Siswa
  • Jadwal KBM
  • Elearning
  • PPDB
  • SPEMAKIDTV
  • Berita Terkini
  • Buletin
Punya Pertanyaan?
(0293) 782 559
smpmuhamungkid@gmail.com
Masuk
SMP Muhammadiyah Mungkid
    • Home
    • Profil
      • Sejarah Singkat
      • Sarana Prasarana
      • Visi Misi Tujuan
      • Struktur Organisasi
      • dll
    • BLOG
      • Artikel
      • Selayang Pandang
    • Guru
      • Silabus
      • Materi Ajar
      • Latihan Soal
      • Kalender Pendidikan
    • Siswa
      • Prestasi Siswa
      • Ekstrakulikuler
      • Beasiswa
      • Karya Siswa
    • Jadwal KBM
    • Elearning
    • PPDB
    • SPEMAKIDTV
    • Berita Terkini
    • Buletin

    Silabus

    • Home
    • Blog
    • Silabus
    • Silabus semua mata pelajaran Kurikulum 2022 Kondisi Khusus

    Silabus semua mata pelajaran Kurikulum 2022 Kondisi Khusus

    • Posted by Muhammad Rhomadoni
    • Categories Silabus
    • Date Desember 29, 2022
    • Comments 0 comment

    Silabus mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber belajar yang dikembangkan oleh setiap satuan pendidikan.

    Pengembangan Silabus diserahkan sepenuhnya kepada setiap satuan pendidikan. Setiap satuan pendidikan diberi kebebasan dan keleluasaan dalam mengembangkan silabus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan masing-masing.

     

     

    Prinsip Pengembangan Silabus

    Pengembangan silabus yang dilakukan oleh setiap satuan pendidikan harus tetap berada dalam bingkai pengembangan kurikulum nasional, sehingga perlu memerhatikan prinsip-prinsip pengembangan silabus.

    Berikut ini beberapa prinsip yang harus diikuti dalam pengembangan silabus.

    1. Ilmiah

    Pengembangan silabus harus dilakukan dengan prinsip ilmiah, yang mengandung arti bahwa keseluruhan materi dan kegiatan yang menjadi muatan dalam silabus harus benar, logis dan dapat dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

    2. Relevan

    Cakupan, kedalaman, tingkat kesukaran dan urutan penyajian dalam silabus sesuai atau ada keterkaitan dengan tingkat perkembangan fisik, intelektual, sosial, emosional dan spiritual peserta didik.

    3. Sistematis

    Komponen-komponen silabus saling berhubungan secara fungsional dalam mencapai kompetensi.

    4. Konsisten

    Adanya hubungan yang konsisten antara kompetensi dasar, indikator, materi pokok, pengalaman belajarr, sumber belajar dan sistem penilaian.

    5. Memadai

    Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman belajar, sumber belajar dan sistem penilaian cukup untuk menunjang pencapaian kompetensi dasar.

    6. Aktual dan Kontekstual

    Cakupan indikator, materi pokok, pengalaman bekajar, sumber belajar dan sistem penilaian memerhatikkan perkembangan ilmu, teknologi dan seni mutahir dalam kehidupan nyata, dan peristiwa yang terjadi.

    7. Fleksibel

    Keseluruhan komponen silabus dapat mengakomodasi keragaman peserta didik, pendidik, serta dinamika perubahan yang terjadi di sekolah dan tuntutan masyarakat.

    8. Menyeluruh

    Komponen silabus mencakup keseluruhan ranah kompetensi (kognitif, afektif, dan psikomotor).

    Komponen-Komponen Silabus

    Berikut ini adalah beberapa komponen yang harus ada dalam pengembangan silabus.

    1. Kompetensi Inti (KI)

    Kompetensi Inti (KI) merupakan gambaran mengenai kompetensi dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang harus dipelajari oleh peserta didik untuk jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran.

    Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi dari Standar Kompetensi Lulusan (SKL) dalam bentuk kualitas. Kompetensi inti bukan untuk diajarkan, akan tetapi untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran yang relevan.

    Setiap mata pelajaran harus relevan dengan kompetensi inti yang telah dirumuskan tau berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.

    2. Kompetensi Dasar (KD)

    Kompetensi Dasar (KD) adalah kemampuan spesifik yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang terkait muatan atau mata pelajaran.

    Mengkaji kompetensi dasar mata pelajaran harus dengan memperhatikan urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan  materi, keterkaitan antara kompetensi inti dengan kompetensi dasar dalam mata pelajaran, dan keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata  pelajaran.

    3. Indikator Pencapaian Kompetensi

    Indikator Pencapaian Kompetensi merupakan perilaku yang dapat diukur atau diamati untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.

    Indikator digunakan sebagai penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.

    Indikator dikembangkan sesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator juga digunakan sebagai dasar untuk menyusun alat penilaian.

    4. Materi Pokok

    Materi pokok adalah pokok-pokok materi yang harus dipelajari peserta didik sebagai sarana pencapaian kompetensi dasar dan yang akan dinilai dengan menggunakan instrumen penilaian yang disusun berdasarkan indikator  pencapaian belajar.

    Secara umum  materi pokok memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedut yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

    5. Pembelajaran

    Pembelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Strategi pembelajaran dapat berupa kegiatan  tatap muka dan non tatap muka atau pengalaman belajar.

    Kegiatan pembelajaran dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar.

    Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik.

    6. Penilaian

    Penilaian merupakan serangkaian kegiatan untuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan, sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.

    Hasil penilaian dianalisis untuk menentukan tindak lanjut. Tindak lanjut dapat berupa perbaikan proses pembelajaran berikutnya, program remidial bagi peserta didik yang pencapaian kompetensinya di bawah kriteria ketuntasan, dan program pengayaan untuk peserta didik yang telah memenuhi kriteria ketuntasan.

    7. Alokasi Waktu

    Alokasi waktu adalah waktu yang dibutuhkan untuk mencapai sebuah kompetensi. Penetapan alokasi waktu dalam pengembangan silabus disesuaikan  dengan jumlah jam pelajaran dalam struktur kurikulum untuk satu semester atau satu tahun.

    Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran per minggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensi dasar, keluasan materi, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkat kepentingan kompetensi dasar.

    Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang kompleks dan beragam.

    8. Sumber belajar

    Sumber belajar adalah rujukan, objek atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran.

    Sumber belajar dapat berupa media cetak dan elektronik, narasumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya.

    Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi.

    silahkan download silabus melalui link dibawah ini

    https://drive.google.com/file/d/1TT_LPRS090p3ELcfzw2kikX-USst0mPL/view?usp=share_link

     

    • Share:
    author avatar
    Muhammad Rhomadoni

    Previous post

    Desember 29, 2022

    Next post

    HUKUM MERAYAKAN TAHUN BARU MENURUT ISLAM
    Desember 29, 2022

    Leave A Reply Batalkan balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Search

    Kategori

    • Artikel
    • Buletin
    • Karya Siswa
    • Latihan soal
    • Selayang Pandang
    • Silabus

    SMP Muhammadiyah Mungkid by SainsKomputer. Powered by WordPress.

    GURU DAN STAF

    WhatsApp Image 2022-10-14 at 11.01.13

    Dewi Ayu. T, S.Pd.

    Motto : “Man Jadda Wa Jadda”

    WhatsApp Image 2022-10-14 at 11.06.35

    Tri Uswatun, S.Pd.

    Motto : “Everyone you meet is fighting a battle you know nothing about. Be kind. Always.” SKAM

    WhatsApp Image 2022-10-14 at 10.54.07

    Afit Setyarahmawati, S.Pd.

    Motto : ” Tidak banyak kata tetapi benar-benar berbuat nyata”

    Vara Nabila

    Vara Nabila Ilham, S.Pd.

    Motto : “Yang paling penting saat menikmati hidup adalah menjadi bahagia”

    WhatsApp Image 2022-03-09 at 11.18.08

    ISNI YUN LASI, S.Pd.

    “Buatlah rencana hidupmu sendiri
    Atau selamanya jadi bagian rencana hidup orang lain”

    WhatsApp Image 2022-03-08 at 07.27.34

    DARUSMIN

    لدَّالُّ عَلَى الْخَيْرِ كَفَاعِلِهِا

    “Orang yang mengajak kebaikan mendapat pahala yang sama dengan orang yang diajaknya”

    ESTI CATUR .K.S., S.Pd

    FARISA YUNILASARI, S.Pd.

    1/0 = ~
    Jika kmu memberi satu dan tak mengharapkan apapun, maka kamu akan dapat hasil yang tak terhingga

    DSC_0915

    AFRIAN KARTIKA NURBAITI, S.Pd.

    “Aspire to inspire before you expire”

    DSC_0914

    EMILY FARIDATUL FAIQOH, S.Pd.

    URUSAN KEAGAMAAN SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    تـَعَلَّمْ فَاِنَّ اْلعِلْمَ زَيْنٌ لأَهْلِهِ # وَفَضْلٌ وَعِنـْوَانٌ لِكُلِّ الْمَحَامِد
    Artinya : belajarlah, karena ilmu dapat menjadi perhiasan, menjadi kehormatan
    dan menjadi tanda bagi setiap sesuatu yang terpuji bagi orang yang memilikinya

    DSC_0912

    SOFIN AZIZAH, S.Pd.

    WAKA KURIKULUM SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    “Kalau ada kemauan, langkahmu akan terasa ringan”

    DSC_0916

    DWI LESTARI, S.Pd.

    DSC_0908

    SITI NURDIYANTI, A. Md.

    “Berpikirlah positif, tidak peduli seberapa keras kehidupanmu”

    (ali bin abi thalib)

    IMG_20211008_085859

    NANI ROSIDAH, A.Md.

    “Sesungguhnya Allah sangat membenci setiap orang yang pandai dalam urusan dunia, namun bodoh dalam hal urusan akhirat”

    IMG_20211008_100334

    AGUS SUBAGYO

    IMG_20211009_090100

    FERRY FADLY, S.Pd.

    KEPALA TATA USAHA SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    IMG_20211008_084817

    LUTHFIANA RAVA NURUL AIDA, S.Pd.

    “Setelah kesulitan pasti ada kemudahan”

    IMG_20211008_084643

    RIRIT RACHMA MIRANTI, S.Pd.

    URUSAN HUBUNGAN MASYARAKAT SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    “Life track is hard, believe in yourself”
    “Pendidikan yang baik adalah investasi masa depan yang sangat menguntungkan”

    DSC_0910

    INDRA YUDHA PRATAMA, S.Pd.

    “Mereka menertawakan aku karena aku berbeda dan aku menertawakan mereka karena mereka semua sama”

    Kurt Cobain – Nirvana

    pp

    SANTI RATNA DEWI SETYANINGRUM, S.Pd.

    “Ilmu iku kelakone kanthi Laku”

    DSC_0917

    DITA SULISTIAWULAN, S.Pd.

    KEPALA SEKOLAH SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    “Happiness is not something ready made. It comes from your own actions”

    WhatsApp Image 2022-03-07 at 10.28.12

    RIDHY NIZAR FIRJATULLAH, S.Pd.

    “x² + (y-√x²)² =1”

    WhatsApp Image 2022-03-07 at 10.15.33

    YUNANTO, S.Or.

    “Berolahraga agar menjadi kuat, tidak hanya kuat menghadapi tanjakan tetapi kuat dalam menghadapi kenyataan”

    WhatsApp Image 2022-03-07 at 10.29.55

    RIZALDY SIDIQ PUTRA PRATAMA, S.Pd

    “Seekor ikan jenis apapun, baik yang tinggal di air jernih atau kotor, selama ikan itu terus berenang ke depan, dia akan tumbuh dengan indah”

    WhatsApp Image 2022-03-07 at 10.14.00

    PANJI KISMO, S.Pd.

    “Biso rumangsa, ojo rumangsa biso, rasa rumangsa lan rumangsani”

    DSC_0909

    RESNANDHI ARHAB MARAMIS, S.Pd.

    URUSAN KESISWAAN SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    “Berjuang dan bertanding sampai peluit tanda berakhir dibunyikan”

    “Tanggung jawab dan amanah tidak akan jatuh ke pundak yang salah”

    REZA FANDRA R, S.Pd

    REZA FANDRA RAHMAWAN, S.Pd

    URUSAN SARANA PRASARANA SMP MUHAMMADIYAH MUNGKID

    “Rahasia maju adalah memulai”

    IMG_20211008_105856

    ESTI CATUR KURNIAWATI SOLIKHAH, S.Pd

    وَمَا هٰذِهِ الْحَيٰوةُ الدُّنْيَآ اِلَّا لَهْوٌ وَّلَعِبٌۗ وَاِنَّ الدَّارَ الْاٰخِرَةَ لَهِيَ الْحَيَوَانُۘ لَوْ كَانُوْا يَعْلَمُوْنَ
    “Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya, sekiranya mereka mengetahui” Q.S al-Ankabut 64
    HETI DIANA, S.Pd

    HETI DIANA, S.Pd.

    “Dengarlah hatimu yang tak pernah mengingkari”

    IMG_20211008_083237

    IBNU MUNDIR, S.Pd.

    فَبِأَيِّ آلاءِ رَبِّكُما تُكَذِّبانِ

    “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang kau dustakan?” (ar-Rahman: 13).

    Muhammad Rhomadoni

    Muhammad Rhomadoni Ravsanjani, S.Kom.

    Omae o oikakenakattara ore wa hitori ni naru. Hitori ni naru nowa itee no yori tsuree

    “Jika aku tidak menyusulmu, aku akan sendirian. Kesendirian lebih menyakitkan daripada rasa sakit”

    Luffy – Anime One Piece

    Login with your site account

    Lost your password?